Header Ads

Mengulas Plus Minus Gadai BPKB Motor Tanpa Ditahan

Mengulas Plus Minus Gadai BPKB Motor Tanpa Ditahan - Ambil produk pinjaman uang dari bank memang dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang tengah memiliki masalah finansial. Hanya saja selain bank nyatanya masih ada banyak produk pinjaman uang lain di luar sana yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Sebut saja diantaranya adalah gadai BPKB motor tanpa ditahan. Produk pinjaman uang yang satu ini pada dasarnya mirip seperti kredit multiguna yang ditawarkan oleh bank, dimana memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang pinjaman dengan syarat yaitu keberadaan jaminan atau agunan.



Nantinya agunan inilah yang dijadikan sebagai dasar penilaian berapakah kemungkinan plafon pinjaman yang berani diberikan oleh lembaga gadai tersebut. Faktanya ada banyak diantara masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk ambil pinjaman dalam bentuk gadai ini. tentunya dengan beragam jenis agunan, menyesuaikan dari berapa besar kebutuhan uang pinjaman mereka. Namun sebelum memutuskan untuk ambil pinjaman dalam bentuk gadai ini, maka penting sekali bagi Anda mempertimbangkan plus minusnya terlebih dahulu, yaitu:

Kelebihan:

1. Prosesnya cepat, prosedur untuk pengajuan pinjaman lewat sistem gadai ini sendiri nyatanya dapat dilakukan secara cepat dan mudah, asalkan Anda memenuhi semua syarat yang diberlakukan. Maka nantinya kemungkinan besar apply juga akan langsung diterima oleh lembaga gadai tersebut.

2. Syaratnya mudah, tidak perlu khawatir mengenai syaratnya, karena nyatanya syarat yang diberikan tidak serumit ketika Anda mengambil produk pinjaman dalam bentuk KTA. Cukup dengan identitas diri dilengkapi dengan BPKB kendaraan yang ingin Anda jadikan sebagai agunan tersebut.

3. Nilai pinjaman juga relatif besar, berbicara mengenai plafon pinjaman yang ditawarkan, apalagi jika seandainya agunan yang Anda gadaikan disini adalah BPKB kendaraan, otomatis plafon yang didapatkan juga relatif besar. Yaitu sampai dengan jutaan rupiah, semakin mahal harga kendaraan tersebut, maka semakin besar pula plafon yang bisa Anda dapatkan.

4. Nilai suku bunga relatif kecil, suku bunga yang dibebankan kepada nasabah saat mengajukan gadai ini kisarannya juga ringan, dibandingkan dengan ketika mengambil produk pinjaman dalam bentuk KTA. Karena faktanya KTA sendiri memang menerapkan bunga yang begitu tinggi.

5. Kesempatan untuk memperpanjang berkali-kali bahkan ketika Anda mengambil tenor atau jangka waktu pengembalian 4 bulan, ada kemungkinan untuk memperpanjang masa tenor tersebut sampai berkali-kali.

Kelemahan:

1. Resiko barang gadai disita, seperti namanya yaitu produk pinjaman dalam bentuk gadai, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya ada resiko yang harus ditanggung jika seandainya Anda tidak mampu melunasi uang hutang atau pinjaman tersebut. Tak lain adalah barang gadai tersebut akan disita oleh lembaga pembiayaan yang Anda pilih tersebut.

2. Usia kendaraan yang digadaikan tidak boleh lebih dari 5 tahun, karena ketika usia kendaraan lebih dari 5 tahun dianggap tidak layak, jikapun dijual harganya akan turun drastis. Pastikan juga bahwa pajak kendaraan Anda dalam kondisi masih hidup. karena ketika pajaknya mati otomatis Anda juga tak dapat mengajukan gadai tersebut.

Itulah setidaknya beberapa plus minus yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan gadai BPKB motor tanpa ditahan. Keuntungan lainnya karena memang motor tersebut tidak perlu ditahan, maka masih bisa Anda gunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Nantinya ketika hutang gadai tersebut sudah lunas. Maka surat atau BPKB motor tersebut bisa diambil lagi, bahkan ada kesempatan untuk mengajukan pinjaman dengan BPKB motor yang sama kedepannya.

 

No comments

Powered by Blogger.