Header Ads

6 Tips Bermain Game yang Sehat Terhindar Kecanduan

6 Tips Bermain Game yang Sehat Terhindar Kecanduan - Badan mulai cepat sakit karena kecanduan game? Kamu perlu mengikuti tips bermain game yang sehat untuk tetap nyaman menjalankan aktivitas sehari-hari. Caranya tidak sulit asalkan kamu bisa menjalaninya dengan disiplin.

Banyak sekali remaja di Indonesia yang akhirnya lupa belajar karena sudah mengenal bermain game online. Tak hanya itu beberapa orang dewasa juga menggunakan banyak uang untuk membeli item yang dijual dalam game. Lalu apakah langkah yang tepat untuk mengatasinya?

Tips Bermain Game yang Aman dan Sehat

Game bukanlah sebuah kegiatan yang buruk, hanya saja orang yang memainkannya harus tahu batasan-batasannya. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Jika kamu adalah seorang karyawan maka bermain game saat bekerja adalah hal buruk.

Sedangkan bagi kamu yang pelajar, memainkan game di dalam kelas saat pelajaran juga bukan jadi kegiatan yang baik. Apa saja cara bermain game online yang aman sehingga kamu tidak kecanduan?

Beberapa tips bermain game bisa kok kamu terapkan dengan mudah.

 1. Pilih game yang mengasah otak

Buat siapa saja yang suka bermain game, kamu harus pandai dalam memilih tipe permainan. Ada banyak model game yang diproduksi mulai dari game action, arcade, kartu dan lainnya.

Di antara jenis game tersebut akan lebih baik jika memilih jenis game yang mengasah otak. Jadi tidak hanya sebagai ajang hiburan saja tetapi juga bermanfaat. Contohnya saja game kuis, puzzle, atau game yang membutuhkan strategi. Siapapun yang memainkannya bisa lebih tenang dan fokus.

 2. Membuat jadwal untuk bermain

Tips bermain game yang selanjutnya adalah merencanakan kapan waktu bermain dan belajar dan bekerja. Cara mengatur waktu bermain game adalah dengan memprioritaskan kegiatan penting terlebih dahulu.

Kamu tidak perlu secara ekstrim berhenti bermain tetapi pilih waktu sejam untuk bermain. Tapi ingat juga pilih waktu yang tepat dan utamakan kegiatan penting. Apabila kamu akan menghadapi presentasi atau ujian di hari berikutnya sebaiknya hindari bermain.

Usai kegiatan penting tersebut kamu bisa memberikan reward untuk bermain lebih lama. Dengan begitu kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat bermain. Kegiatan penting tetap terlaksana tetapi juga tetap puas bisa bermain.

3. Tetap tidur dan minum yang cukup

Bahaya yang mengancam paling besar ketika kecanduan bermain game adalah lupa tidur, makan serta minum. Kamu mungkin sedang asyik bermain game streaming tv sehingga lupa tidur dan terus begadang.

Hal ini nggak boleh dijadikan kebiasaan karena merupakan aktivitas negatif yang merusak kesehatan tubuh. Kamu tetap boleh bermain sesuai jadwal yang telah dibuat. Jika sudah saatnya untuk istirahat segeralah pergi tidur. Jika kamu bermain game pc sebaiknya siapkan air putih didekatmu agar tak lupa minum.

4. Mengajak teman bermain bersama

Keseruan bermain game nggak cuma bisa kamu lakukan sendiri. Ajaklah teman untuk ikuti bermain sehingga jadi lebih asyik. Selain itu bermain dengan teman akan membuat kamu tahu batasan waktu untuk bermain.

Teman kamu pasti memiliki aktivitas lain yang harus dijalani sehingga secara tidak langsung ada batasan memainkannya bersama. Selain itu memainkan game bersama-sama akan meredakan emosi yang meledak-ledak saat bermain.

5. Mainkan game saat akhir pekan

Jika kamu merasa kesulitan mengatur jadwal bermain game sehari-hari, maka aturlah untuk bisa bermain di akhir pekan saja. Dengan begitu kegiatan bermain game kamu akan jadi acara penting yang memuaskan.

Kamu bisa menjadikan bermain game sebagai acara istimewa yang rutin dilakukan di akhir pekan. Hanya perlu waktu dua jam untuk bermain dan akhir pekan jadi momen yang selalu ditunggu-tunggu.

 6. Jangan habiskan banyak uang

Satu lagi tips bermain game di laptop atau smartphone yang harus kamu pahami adalah tak perlu mengeluarkan banyak uang. Bahkan kamu perlu mencari jenis game gratis yang ada di Play Store atau App Store.

Jika kamu sudah terbiasa untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk bermain, bisa mengubahmu jadi kecanduan. Nominal sedikit di awal yang digunakan untuk bermain akan menjadi besar karena keinginan untuk memenangkan game dengan memiliki banyak item.

Melalui keenam tips bermain game ini kamu nggak perlu lagi takut untuk bermain game atau bahkan menghindarinya. Asalkan bisa mengontrol diri dan tetap disiplin kegiatan bermain game bisa jadi positif.

1 comment:

Powered by Blogger.